Translate

Sabtu, 22 Desember 2012

Beberapa Pemikiran tentang Pembuatan Hukum Internasional




 
Berdasarkan bacaan tersebut, saya menulusuri secara umum dan akan mengurai rangkuman dengan cara poin per poin. Maksudnya agar tersusun secara sistematis. –Organisasi Non Pemerintah (LSM) telah memberikan pengaruh yang mendalam pada ruang lingkup perintah-perintah hukum internasional. LSM telah membantu perkembangan perjanjian, mempromosikan penciptaan organisasi baru internasional (IOS), dan melobi ke ibukota nasional untuk mendapatkan persetujuan(rekomendasi, revisi, melengkapi) yang mengacu pada aturan internasional. Peran LSM dalam pembuatan hukum internasional dan penegakan  hokum yang kompleks.  Pemerintah memiliki kepentingan dalam menunjukan dan melaporkan suatu hal ke PBB. Bahkan ketika pemerintah tidak memenuhi komitmennya untuk konvensi PBB tertentu, laporannya cenderung menerima setiap keputusan yang diambil. Masalah penting bagi badan-badan PBB yang memantau kepatuhan adalah bahwa ada informasi yang terlalu banyak untuk dilacak. Para anggota badan pengawasan PBB dapat terdiri dari para ahli, tetapi terkadang pengetahuan para ahli tersebut terbatas.
LSM dalam konteks ini memberikan tandingan penting untuk laporan pemerintah. Melalui kantor-kantor lokal dan jaringan dengan LSM lain di seluruh dunia, LSM memiliki perspektif mereka sendiri pada apa yang "benar-benar" terjadi. Tapi, ini hanya salah satu di antara banyak layanan yang disediakan LSM.
Tugas-tugas dari LSM ?
1.Identifikasi Masalah dan Negosiator                                                                                       Mencari informasi yang tepat tergantung pada apa yang sedang diidentifikasi, LSM dapat juga membantu badan-badan pengawasan PBB dengan mengidentifikasi isu-isu yang perlu ditangani berdasarkan situasi yang konkret. Mereka juga dapat memberikan saran kepada anggota badan pemantauan supaya dapat meminta delegasi pemerintah untuk meregam isu-isu yang berkembang dalam masyarakat.


2. Meneliti Laporan Pendukung                                                                                  
 Pemantauan kepatuhan sangat bergantung pada kepemilikan informasi yang akurat. LSM dapat memberikan laporan secara rinci di lapangan tentang apa yang terjadi di seluruh dunia sehubungan dengan masalah yang mereka selidiki. Meskipun laporan LSM tidak mungkin menjadi bagian dari pertemuan resmi PBB atau dokumen, LSM dapat memberikan informasi penting dalam bentuk laporan bayangan untuk diinformasikan pada anggota PBB. Suatu bagian penting dari informasi LSM adalah mengekspos praktik dan situasi yang tidak ingin dipublikasikan oleh pemerintah. Jadi, LSM tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga memberikan informasi yang sifatnya rahasia.
3. Melobi Isu-isu
LSM bukan hanya penyedia informasi belaka. LSM memiliki agenda paten. Mereka ingin hal-hal tertentu tersebut dapat berubah dalam cara-cara tertentu. Misalnya, di bidang pemotongan alat kelamin perempuan, itu tidak cukup bagi LSM untuk hanya menginformasikan kepada anggota PBB dan masyarakat bahwa terjadi praktek tersebut. LSM memberikan tekanan pada pemerintah dengan hal-hal yang mempermalukan pemerintah dan dipojokkan..
4. Mengamati Sidang
Meskipun LSM tidak diperbolehkan untuk berbicara selama berlangsungnya  rapat Dewan PBB tapi mereka sering diizinkan atau diundang untuk mengamati proses. Ini dijadikan strategi bagi LSM untuk mengkonfirmasi atau membantah laporan pemerintah .
5. Membuat Laporan
Dalam beberapa pertemuan forum PBB, perwakilan LSM diperbolehkan untuk membuat pernyataan resmi. Tujuannya agar para Dewan PBB dapat mendengarkan aspirasi masyarakat Internasional .
6 Diseminasi Norma PBB
Setelah norma PBB diciptakan dan disusun, LSM memberikan pandangan yang kritis dengan menyebarluaskan norma-norma, bahasa dan istilah hukum. Menyebarluaskan bahasa konvensi PBB adalah penting. LSM  juga membantu menegakkan norma-norma PBB dengan membuat norma-norma masyarakat. Suatu pemerintahan dapat menandatangani konvensi untuk alasan lain selain keinginan untuk melaksanakan konvensi.
7 Menghasilkan Dukungan Publik untuk Norma PBB
Melalui publisitas dan tindakan, LSM dapat menghasilkan dukungan publik untuk norma-norma PBB. Mendaftar dukungan publik menempatkan tekanan tambahan (terutama pada pemerintahan demokratis) untuk menyetujui atau mematuhi norma-norma.
Meskipun partisipasi LSM telah menjadi lebih regularized (artinya, dilembagakan), banyak pekerjaan LSM di PBB bersifat informal-belakang layar, mengimbau pejabat individu dan melobi negara-negara anggota PBB.
Pengaruh Apakah merata
Pengaruh Berapa banyak LSM miliki? Yang LSM latihan paling berpengaruh?
Banyak hal yang menentukan tingkat pengaruh LSM.
Berpartisipasi dalam Rapat
Partisipasi LSM dalam sesi badan PBB sangat tidak merata. Dalam beberapa forum PBB, LSM tidak diperbolehkan untuk hadir sama sekali. Dalam pertemuan-pertemuan lain, perwakilan LSM mungkin ada, tetapi tidak berbicara. Dalam pertemuan-pertemuan lain, anggota LSM tidak dapat berbicara, tetapi mereka mungkin dapat menasihati anggota diam-diam selama pertemuan. Akhirnya, dalam forum PBB tertentu, LSM dapat ditawarkan waktu formal di mana untuk membuat presentasi.
Lebih formal partisipasi PBB bukan berarti pengaruh yang lebih besar. Bahkan ketika LSM diperbolehkan untuk membuat presentasi resmi kepada badan-badan PBB, mereka dapat diabaikan atau dilecehkan (misalnya, PBB anggota meninggalkan selama presentasi LSM). Di luar pentingnya simbolis membuat presentasi publik di forum PBB, pengaruh yang efektif dapat datang dari belakang layar.
Di luar pertemuan formal, pengaruh LSM juga bervariasi. Untuk forum PBB seperti CEDAW, anggota dan pertemuan LSM jadwal untuk meninjau dan membahas laporan pemerintah. Dalam forum lain, LSM informal harus melobi anggota individu.
Anggota penerimaan lobi LSM dan informasi juga sangat tidak merata. Sementara beberapa peserta UN mungkin terbuka untuk dan bahkan mencari masukan LSM, orang lain mungkin mengabaikan LSM sama sekali. Selamat mencatat bahwa dalam pertemuan panel CEDAW anggota yang berasal dari latar belakang LSM lebih menerima masukan LSM dibanding anggota dari latar belakang pemerintah. Pola ini dapat terus di badan-badan PBB lainnya juga.
LSM Keanggotaan Kategori
Dalam rangka untuk mendapatkan akses ke PBB, LSM harus menerima status konsultatif. Ada tiga kategori yang berbeda konsultasi dan mereka memiliki status yang jelas berbeda. Status konsultatif menentukan berapa banyak orang LSM dapat mengirim serta kesempatan untuk berbicara.
  1. Status umum. Ini adalah status yang paling istimewa. Kelompok ini (sekitar 130 LSM pada tahun 2001) terutama terdiri dari, LSM lebih tua lebih besar dan lebih mapan.
  2. Status khusus. Ini adalah status konsultatif terbesar dengan sekitar 1000 LSM pada tahun 2001.
  3. Roster status. Ini adalah kelompok status terendah dari LSM dan terdiri dari banyak kecil, LSM baru. Pada tahun 2001 ada sekitar 900 LSM daftar status.
Banyak LSM yang berpartisipasi dalam PBB yang berbasis agama LSM atau kelompok besar filantropi transnasional. Kebanyakan juga utama dalam hal politik. Radikal, sayap kiri atau LSM aktivis sosial berada dalam minoritas.
Utara / Selatan Pengaruh
Partisipasi dalam kegiatan PBB dapat menjadi mahal (apa dengan biaya penerbangan, akomodasi dan staf). LSM kurang baik yang didanai banyak hanya tidak mampu untuk berpartisipasi secara teratur. Kadang-kadang LSM yang lebih kecil akan mengirimkan relawan, tetapi partisipasi mereka tidak dibandingkan dengan besar, baik yang didanai LSM.
Distribusi geografis, LSM kecil kurang baik yang didanai tidak acak. Sebuah jumlah yang tidak proporsional sumber daya yang haus LSM yang berbasis di Selatan global sementara, besar LSM lebih makmur yang berbasis di Utara global. Ini menempatkan LSM selatan pada kerugian yang berbeda dalam hal partisipasi, dan mungkin, juga dalam hal kemampuan mereka untuk masalah juara berbeda dari LSM utara.
Sebuah strategi yang lebih kecil kadang-kadang menggunakan LSM untuk memperluas lingkup pengaruh mereka adalah untuk membentuk aliansi dengan lebih besar, LSM lebih berpengaruh.
Membuat Pemerintah Uncomfortable
Bagaimana pemerintah bereaksi terhadap partisipasi LSM?
Sekali lagi, ada berbagai sikap pemerintah yang berbeda terhadap LSM.
Amerika kadang-kadang bermusuhan dengan LSM. Hal ini terutama terjadi ketika negara tidak sesuai dengan konvensi diratifikasi atau ketika tindakannya tidak bertemu dengan norma-norma PBB. Karena pemerintah mungkin tergantung pada status mereka sebagai anggota masyarakat dunia-mematuhi norma-norma dari informasi "beradab" masyarakat-LSM dunia dapat menimbulkan ancaman langsung. Jika sebuah LSM dapat menimbulkan pertanyaan tentang kredibel, mengatakan, aktivitas manusia suatu negara hak, kemudian tekan negatif oleh LSM dapat merusak kemampuan pemerintah untuk menarik investasi bisnis.
Lebih kuat negara yang bergantung sedikit pada status simbolik mereka sebagai bagian dari komunitas global mungkin lebih meremehkan LSM. Misalnya, Amerika Serikat secara rutin menyelenggarakan konferensi pers untuk LSM untuk memperbarui mereka pada kegiatan AS di PBB. Namun, AS tidak mencari masukan LSM atau informasi dalam pertemuan ini, dan saran atau komentar dari LSM hanya dapat ditolak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar