Berdasarkan bacaan
tersebut, saya menulusuri secara umum dan akan mengurai rangkuman dengan cara
poin per poin. Maksudnya agar tersusun secara sistematis. –Organisasi Non
Pemerintah (LSM) telah memberikan pengaruh yang mendalam pada ruang lingkup
perintah-perintah hukum internasional. LSM telah membantu perkembangan
perjanjian, mempromosikan penciptaan organisasi baru internasional (IOS), dan
melobi ke ibukota nasional untuk mendapatkan persetujuan(rekomendasi, revisi,
melengkapi) yang mengacu pada aturan internasional. Peran LSM
dalam pembuatan hukum internasional dan penegakan hokum yang kompleks. Pemerintah memiliki kepentingan dalam menunjukan
dan melaporkan suatu hal ke PBB. Bahkan ketika pemerintah tidak memenuhi
komitmennya untuk konvensi PBB tertentu, laporannya cenderung menerima setiap
keputusan yang diambil. Masalah penting bagi badan-badan PBB yang memantau
kepatuhan adalah bahwa ada informasi yang terlalu banyak untuk dilacak. Para
anggota badan pengawasan PBB dapat terdiri dari para ahli, tetapi terkadang pengetahuan
para ahli tersebut terbatas.
LSM dalam konteks ini memberikan
tandingan penting untuk laporan pemerintah. Melalui kantor-kantor lokal dan
jaringan dengan LSM lain di seluruh dunia, LSM memiliki perspektif mereka
sendiri pada apa yang "benar-benar" terjadi. Tapi, ini hanya salah
satu di antara banyak layanan yang disediakan LSM.
Tugas-tugas dari LSM ?
1.Identifikasi
Masalah dan Negosiator
Mencari
informasi yang tepat tergantung pada apa yang sedang diidentifikasi, LSM dapat juga
membantu badan-badan pengawasan PBB dengan mengidentifikasi isu-isu yang perlu
ditangani berdasarkan situasi yang konkret. Mereka juga dapat memberikan saran
kepada anggota badan pemantauan supaya dapat meminta delegasi pemerintah untuk meregam
isu-isu yang berkembang dalam masyarakat.
2.
Meneliti Laporan Pendukung
Pemantauan kepatuhan sangat
bergantung pada kepemilikan informasi yang akurat. LSM dapat memberikan laporan
secara rinci di lapangan tentang apa yang terjadi di seluruh dunia sehubungan
dengan masalah yang mereka selidiki. Meskipun laporan LSM tidak mungkin menjadi
bagian dari pertemuan resmi PBB atau dokumen, LSM dapat memberikan informasi
penting dalam bentuk laporan bayangan untuk diinformasikan pada anggota
PBB. Suatu bagian penting dari informasi LSM adalah mengekspos praktik dan
situasi yang tidak ingin dipublikasikan oleh pemerintah. Jadi, LSM tidak hanya
memberikan informasi, tetapi juga memberikan informasi yang sifatnya rahasia.
3.
Melobi Isu-isu
LSM bukan hanya penyedia informasi
belaka. LSM memiliki agenda paten. Mereka ingin hal-hal tertentu tersebut dapat
berubah dalam cara-cara tertentu. Misalnya, di bidang pemotongan alat kelamin
perempuan, itu tidak cukup bagi LSM untuk hanya menginformasikan kepada anggota
PBB dan masyarakat bahwa terjadi praktek tersebut. LSM memberikan tekanan pada
pemerintah dengan hal-hal yang mempermalukan pemerintah dan dipojokkan..
4.
Mengamati Sidang
Meskipun LSM tidak diperbolehkan
untuk berbicara selama berlangsungnya rapat Dewan PBB tapi mereka sering diizinkan
atau diundang untuk mengamati proses. Ini dijadikan strategi bagi LSM untuk
mengkonfirmasi atau membantah laporan pemerintah .
5.
Membuat Laporan
Dalam beberapa pertemuan forum PBB,
perwakilan LSM diperbolehkan untuk membuat pernyataan resmi. Tujuannya agar
para Dewan PBB dapat mendengarkan aspirasi masyarakat Internasional .
6
Diseminasi Norma PBB
Setelah norma PBB diciptakan dan
disusun, LSM memberikan pandangan yang kritis dengan menyebarluaskan
norma-norma, bahasa dan istilah hukum. Menyebarluaskan bahasa konvensi PBB
adalah penting. LSM juga membantu
menegakkan norma-norma PBB dengan membuat norma-norma masyarakat. Suatu
pemerintahan dapat menandatangani konvensi untuk alasan lain selain keinginan
untuk melaksanakan konvensi.
7 Menghasilkan Dukungan Publik untuk Norma PBB
Melalui publisitas dan tindakan, LSM
dapat menghasilkan dukungan publik untuk norma-norma PBB. Mendaftar dukungan
publik menempatkan tekanan tambahan (terutama pada pemerintahan demokratis)
untuk menyetujui atau mematuhi norma-norma.
Meskipun partisipasi LSM telah
menjadi lebih regularized (artinya, dilembagakan), banyak pekerjaan LSM di PBB
bersifat informal-belakang layar, mengimbau pejabat individu dan melobi
negara-negara anggota PBB.
Pengaruh Apakah merata
Pengaruh Berapa banyak LSM miliki?
Yang LSM latihan paling berpengaruh?
Banyak hal yang menentukan tingkat
pengaruh LSM.
Berpartisipasi dalam Rapat
Partisipasi LSM dalam sesi badan PBB
sangat tidak merata. Dalam beberapa forum PBB, LSM tidak diperbolehkan untuk
hadir sama sekali. Dalam pertemuan-pertemuan lain, perwakilan LSM mungkin ada,
tetapi tidak berbicara. Dalam pertemuan-pertemuan lain, anggota LSM tidak dapat
berbicara, tetapi mereka mungkin dapat menasihati anggota diam-diam selama
pertemuan. Akhirnya, dalam forum PBB tertentu, LSM dapat ditawarkan waktu
formal di mana untuk membuat presentasi.
Lebih formal partisipasi PBB bukan
berarti pengaruh yang lebih besar. Bahkan ketika LSM diperbolehkan untuk
membuat presentasi resmi kepada badan-badan PBB, mereka dapat diabaikan atau
dilecehkan (misalnya, PBB anggota meninggalkan selama presentasi LSM). Di luar
pentingnya simbolis membuat presentasi publik di forum PBB, pengaruh yang
efektif dapat datang dari belakang layar.
Di luar pertemuan formal, pengaruh
LSM juga bervariasi. Untuk forum PBB seperti CEDAW, anggota dan pertemuan LSM
jadwal untuk meninjau dan membahas laporan pemerintah. Dalam forum lain, LSM
informal harus melobi anggota individu.
Anggota penerimaan lobi LSM dan
informasi juga sangat tidak merata. Sementara beberapa peserta UN mungkin
terbuka untuk dan bahkan mencari masukan LSM, orang lain mungkin mengabaikan
LSM sama sekali. Selamat mencatat bahwa dalam pertemuan panel CEDAW anggota
yang berasal dari latar belakang LSM lebih menerima masukan LSM dibanding
anggota dari latar belakang pemerintah. Pola ini dapat terus di badan-badan PBB
lainnya juga.
LSM Keanggotaan Kategori
Dalam rangka untuk mendapatkan akses
ke PBB, LSM harus menerima status konsultatif. Ada tiga kategori yang berbeda
konsultasi dan mereka memiliki status yang jelas berbeda. Status konsultatif
menentukan berapa banyak orang LSM dapat mengirim serta kesempatan untuk
berbicara.
- Status umum. Ini adalah status yang paling istimewa. Kelompok ini (sekitar 130 LSM pada tahun 2001) terutama terdiri dari, LSM lebih tua lebih besar dan lebih mapan.
- Status khusus. Ini adalah status konsultatif terbesar dengan sekitar 1000 LSM pada tahun 2001.
- Roster status. Ini adalah kelompok status terendah dari LSM dan terdiri dari banyak kecil, LSM baru. Pada tahun 2001 ada sekitar 900 LSM daftar status.
Banyak LSM yang berpartisipasi dalam
PBB yang berbasis agama LSM atau kelompok besar filantropi transnasional.
Kebanyakan juga utama dalam hal politik. Radikal, sayap kiri atau LSM aktivis
sosial berada dalam minoritas.
Utara / Selatan Pengaruh
Partisipasi dalam kegiatan PBB dapat
menjadi mahal (apa dengan biaya penerbangan, akomodasi dan staf). LSM kurang
baik yang didanai banyak hanya tidak mampu untuk berpartisipasi secara teratur.
Kadang-kadang LSM yang lebih kecil akan mengirimkan relawan, tetapi partisipasi
mereka tidak dibandingkan dengan besar, baik yang didanai LSM.
Distribusi geografis, LSM kecil
kurang baik yang didanai tidak acak. Sebuah jumlah yang tidak proporsional
sumber daya yang haus LSM yang berbasis di Selatan global sementara, besar LSM
lebih makmur yang berbasis di Utara global. Ini menempatkan LSM selatan pada
kerugian yang berbeda dalam hal partisipasi, dan mungkin, juga dalam hal
kemampuan mereka untuk masalah juara berbeda dari LSM utara.
Sebuah strategi yang lebih kecil
kadang-kadang menggunakan LSM untuk memperluas lingkup pengaruh mereka adalah
untuk membentuk aliansi dengan lebih besar, LSM lebih berpengaruh.
Membuat Pemerintah Uncomfortable
Bagaimana pemerintah bereaksi
terhadap partisipasi LSM?
Sekali lagi, ada berbagai sikap
pemerintah yang berbeda terhadap LSM.
Amerika kadang-kadang bermusuhan
dengan LSM. Hal ini terutama terjadi ketika negara tidak sesuai dengan konvensi
diratifikasi atau ketika tindakannya tidak bertemu dengan norma-norma PBB.
Karena pemerintah mungkin tergantung pada status mereka sebagai anggota
masyarakat dunia-mematuhi norma-norma dari informasi "beradab"
masyarakat-LSM dunia dapat menimbulkan ancaman langsung. Jika sebuah LSM dapat
menimbulkan pertanyaan tentang kredibel, mengatakan, aktivitas manusia suatu
negara hak, kemudian tekan negatif oleh LSM dapat merusak kemampuan pemerintah
untuk menarik investasi bisnis.
Lebih kuat negara yang bergantung
sedikit pada status simbolik mereka sebagai bagian dari komunitas global
mungkin lebih meremehkan LSM. Misalnya, Amerika Serikat secara rutin
menyelenggarakan konferensi pers untuk LSM untuk memperbarui mereka pada
kegiatan AS di PBB. Namun, AS tidak mencari masukan LSM atau informasi dalam
pertemuan ini, dan saran atau komentar dari LSM hanya dapat ditolak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar